Minggu, 02 Oktober 2011

contoh RPP SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                   : SMK             
Mata Pelajaran                      : Dasar Kompetensi Kejuruan & Kompetensi Kejuruan
Akuntansi
Kelas/ Semester                    : X/I
Standar Kompetensi             : 1. Mengerjakan Persamaan Dasar Akuntansi.
Kompetensi Dasar                : 1.1. Memahami Dasar-dasar Akuntansi (pertemuan ke 2)
Indikator                                : c. Tugas-tugas Jabatan dalam bidang akuntansi terdeskripsikan.
d. Pihak-pihak yang membutuhkan informasi teridentifikasi.
Alokasi waktu                        : 2 x 45 menit

A.      Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu mendeskripsikan berbagai profesi dalam bidang akuntansi.
·         Siswa mampu mengidentifikasi siapa saja pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi.

B.      Pendidikan Karakter Budaya Bangsa
·         Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat dan didengar, sikap yang mau berkerja sama dengan orang lain, mau bergaul dengan orang lain, serta mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam mendeskripsikan berbagai profesi dalam bidang akuntansi.
·         Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat dan didengar, mampu berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki, serta mampu untuk mengidentifikasi siapa saja pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi.


C.      Materi Pembelajaran
·         Berbagai Profesi dalam bidang akuntansi.
o   Profesi akuntan dikelompokkan menjadi 2 (dua), yaitu akuntan publik dan akuntan intern.
§  Akuntansi publik berkenaan dengan pelayanan jasa akuntansi bagi masyarakat. Akuntan yang berprofesi pada akuntansi publik disebut sebagai akuntan publik dan mereka akan mendapatkan fee dari pengguna jasanya. Jenis pekerjaan yang biasa dilakukan oleh akuntan publik meliputi pemeriksaan laporan keuangan, bantuan di bidang perpajakan, sistem informasi akuntansi ataupun konsultasi manajemen.
§  akuntan intern bekerja pada sebuah perusahaan. Akuntansi intern disebut juga akuntansi swasta. Para akuntan yang berkecimpung dalam akuntansi intern ini dikatakan berprofesi sebagai akuntan intern atau akuntan swasta atau akuntan manajemen.

·         Pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi adalah :
o   Manajer, Investor, Kreditor, Instansi Pemerintah, Organisasi Nirlaba, Pemakai lainnya.


a.       Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Diskusi Kelompok
·         Studi kepustakaan



Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Kegiatan Pembuka:
a.       Guru menyiapkan fisik dan mental siswa untuk memulai kegiatan belajar.
b.      Guru mengulas kembali materi yang lalu dan menjelaskan kaitannya dengan materi yang akan dibahas.
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
d.      Apresepsi
e.       Motivasi           




10 menit






2
Kegiatan Inti:
1.      Guru memberikan informasi awal tentang profesi akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi.
2.      Menemukan informasi tentang profesi akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi dengan membaca buku teks dan handout yang telah diberikan.
3.      Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
4.      Kelompok pertama diberi tugas untuk menguraikan tentang profesi akuntansi .
5.      Kelompok kedua diberi tugas untuk menguraikan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
6.      Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.





65 menit
3
Kegiatan Penutup:
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
b.      Evaluasi
c.       Guru dan siswa melakukan refleksi


15 menit

E.  Sumber dan Media Pembelajaran
  1. Sumber
    1. Pegangan Siswa :
·         Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan untuk sekolah menengah kejuruan, Umi Muawanah dkk, BSE DEPDIKNAS 2007
·         Handout yang diberikan guru
    1. Pegangan Guru
·         Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan untuk sekolah menengah kejuruan, Umi Muawanah dkk, BSE DEPDIKNAS 2007
·         Akuntansi Pengantar, Suwardjono, BPFE 2002
·         Handout
·         Dasar-dasar akuntansi jilid 1, Haryono Yusuf


2.      Media
Papan tulis, buku teks akuntansi, LCD, OHP.

F.      Penilaian
Teknik penilaian              :
Ø  Partisipasi (diskusi dalam kelompok )
1.      Kerjasama
·         Tidak bagus                     : 5 %
·         Sedang                              : 10 %
·         Sangat bagus                   : 15 %
       Total                                  30 %
2.      Tanggungjawab                     : 30 %
3.      Keaktifan                                : 30 %

Nilai :    Skor perolehan  x 90
               Total skor

Ø Tertulis (ulangan)
1. Soal essay                                  : skor  100%

Nilai : Skor perolehan      x 100
              Total skor
Soal :
1.      Siapakah yang dapat disebut akuntan, akuntan publik, dan akuntan publik bersertifikat?
2.      Apakah yang dihasilkan oleh proses pengauditan?
3.      Siapa sajakah yang membutuhkan informasi akuntansi?
4.      Mengapa informasi akuntansi diperlukan?

Jawab
1.      Akuntan adalah mereka yang telah memiliki pengetahuan dan keterampilan dibidang akuntansi melalui pendidikan formal tertentu. Akuntan publik adalah sebutan untuk mereka yang menjalankan praktik untuk kepentingan umum (dengan mendirikan kantor akuntan), untuk dapat menjalankan praktik akuntan publik seorang akuntan harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh menteri keuangan. Akuntan publik bersertifikat merupakan sebutan yang diberikan bagi mereka yang telah menempuh pendidikan profesi akuntansi dan lulus ujian sertifikasi akuntan publik.
2.      Proses pengauditan menghasilkan laporan auditor. Laporan auditor adalah seperangkat laporan keuangan yang telah diperiksa oleh auditor apakah laporan keuangan tersebut wajar dan sesuai dengan PABU.
3.      Yang membuttuhkan informasi akuntansi antara lain investor, kreditor, pemerintah, masyarakat umum.
4.      Informasi akuntansi diperlukan karena :
a.       Menyediakan informasi yang bermanfaat dan dapat dipercaya bagi investor dan kreditor untuk dasar pengambilan keputusan investasi dan pemberian kredit.
b.      Menyediakan informasi posisi keuangan perusahaan dengan menunjukkan sumber-sumber ekonomik (asset) perusahaan serta asal kekayaan tersebut.
c.       Menyediakan informasi keuangan yang dapat menunjukkan prestasi perusahaan dalam menghasilkan laba.
d.       Menyediakan informasi keuangan yang dapat menunjukkan prestasi perusahaan dalam melunasi utang-utangnya.
e.       Menyediakan informasi keuangan yang dapat menunjukkan sumber-sumber pendanaan perusahaan.
f.        Menyediakan informasi yang dapat membantu para pemakai dalam memprediksi aliran kas perusahaan.
g.       Menyediakan informasi lain yang membantu pemakai untuk menilai prestasi dan pertanggungjawaban keuangan manajemen.


Yogyakarta, 9 Juni 2011
Mengetahui,
Kepala sekolah



Cornelio Purwantini, S.Pd., M.SA.                                          Fx Prasetya Kusuma P
NPP: 079.876. 799. 001                                                           NIM : 101334002


Tidak ada komentar:

Posting Komentar