Minggu, 02 Oktober 2011

kelangkaan

Kelangkaan yaitu kesenjangan antara kebutuhan yang tak terbatas dengan sumber atau alat pemenuhan kebutuhan yang terbatas.
Adanya kelangkaan disebab kan oleh beberapa hal antara lain.
1.      Terbatasnya jumlah sumber daya dan alat pemuas kebutuhan yang disediakan alam. Sebagian dari alat pemuas kebutuhan manusia yang terdapat di alam dapat langsung dipakai, tetapi jumlahnya terbatas memerlukan proses produksi yang memerlukan biaya, teknologi, dan pengetahuan yang memadai. Selain itu ada sumber daya yang tidak dapat diperbaharui (nonrenewable), seperti minyak dan gas bumi.
2.      Adanya eksploitasi manusia terhadap sumber daya alam yang meng akibatkan kerusakan. Misalnya, penebangan hutan yang tidak disertai dengan upaya-upaya perbaikan atau penanaman kembali.
3.      Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya alam. Hal tersebut dapat disebabkan oleh kurangnya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau kurangnya modal.
4.      Peningkatan kebutuhan manusia yang semakin cepat melebihi kemampuan penyediaan sarana kebutuhan. Misalnya, pemerintah bekerja sama dengan pengusaha, telah berusaha untuk memberikan fasilitas penyediaan rumah murah melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Oleh karena pertambahan penduduk sangat cepat, tidak semua ke butuhan penduduk dalam memilih rumah dapat terlayani.

Kelangkaan merupakan kondisi yang tidak dapat dieliminasi, tetapi dapat diminimalisasi dengan cara:
1.      Optimalisasi pengelolaan sumber daya alam yang tetap memperhatikan kualitas lingkungannya.
2.      Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.      Meningkatkan pemupukkan modal.
4.      Menekan laju pertumbuhan penduduk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar