Minggu, 02 Oktober 2011

Pengantar Ilmu Sosial??

 Pengantar Ilmu Sosial atau yang sering disebut juga PIS salah satu mata kuliah yang saya ambil semester ini.
       Pertama kali saya kira mata kuliah ini cuman ngomongin tentang ekonomi, sejarah, geografi sama sosiologi. Sesuai dengan mata pelajaran IPS yang saya dapat ketika waktu SMA. Tapi ternyata gak cuman itu. PIS isinya banyak banget, antropologi, psikologi & politik ternyata dibahas juga di PIS.
      Semua ilmu sosial itu dibahas dalam matakuliah PIS secara bersama-sama oleh teman-teman mahasiswa bersama bapak Teguh sebagai dosen pembimbing mata kuliah tersebut.
      Setelah mengikuti kuliah PIS selama satu semester ini banyak yang saya dapat di matakuliah ini, begitupun dengan semua teman-teman di kelas A PAK 2010.
Pis Itu ngomongin apa sih?
      “Teori hubungan manusia dengan dirinya sendiri, dengan manusia lain dan manusia dengan lingkungannya.” kata Servatia Mayang Setyowati, salah seorang teman yang  berpikiran kritis.
        Sementara pasangan kekasih di kelas, yaitu Anton dan Patris berpendapat sama, “PIS itu ngomongin tentang keadaan yang ada di masyarakat.”
Lain lagi dengan Agnes Karisma, ia berpendapat pis itu adalah pengintegrasian ilmu-ilmu sosial untuk tujuan kewarganegaraan.
             Komentar singkat yang  penuh dengan arti muncul dari mulut Arnold, teman sekelompok ketika Inisiasi Sanata Dharma 2010 “PIS itu ngomongin tentang kehidupan.”
        “Yang dibicarain PIS itu sejarah perkembangan ilmu-ilmu yang dibahas di PIS, trus pengaruh ilmu tersebut terhadap kehidupan sehari-hari” kata Lodo seorang teman yang berasal dari Indonesia Timur.
         Dari sekian banyak pendapat teman-teman PAK A 2010 tersebut saya berpendapat PIS itu ngomongin tentang kehidupan manusia sebagai mahluk sosial yang tidak bisa terlepas dari lingkungan sosialnya. Dari situ muncullah ilmu-ilmu sosial yang berkembang dari teori-teori yang muncul dalam kehidupan manusia sehari-hari.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar